Kamis, 24 Maret 2016

ARTIKEL DIBALIK BUBUR KACANG HIJAU!

0

HARUS TAHU! JANTUNG KAMU AKAN JADI SEPERTI INI KALAU SERING MENGKONSUMSI BUBUR KACANG HIJAU.

 Kamu suka mengkonsumsi bubuk kacang hijau? Taukah Anda apa yang bisa dilakukan makanan tersebut terhadap kesehatan jantung Anda? silahkan baca sebelum telambat!
Hasil gambar untuk bubur kacang hijau

    Biji-bijian bermana latin Vigna radiate atau lebih dikenal dengan kacang hijau termasuk dalam famili Fabaceae, kacang hijau masih bersaudara dengan kacang polong, kacang panjang, dan juga kacang kedelai. Di Indonesia kacang hijau biasa diolah menjadi bubur.
    Kacang hijau memiliki kandungan nutrisi yang spektakuler. Bahkan biji-bijian ini dikenal sebagai bahan makanannya para tentara agar kebutuhan nutrisinya terpenuhi, fisik kuat dan otaknya cerdas. Berikut ini adalah nutrisi yang terkandung dalam kacang hijau, antara lain:
1. Kaya Vitamin
    Kacang hijau menghandung asam folat dan vitamin B. Tidak hanya itu, kacang hijau juga dilengkapi dengan riboflavin, B6, asam panthotenat, serta niasin, yang berguna membantu proses metabolisme dan organ tubuh.

2. Sumber Mineral
    Kacang hijau kaya akan mineral dalam 100 gram kacang hijau terdapat 266 mg potassium, 99 mg fosfor, 48 mg mangan, 27 mg kalsium, 0,3 mg magnesium, 1,4 mg zat besi, 0,8 mg zinc dan 2,5 mg selenium.

3. Kaya Serat
    Kandungan serat dalam 100 gram kacang hijau sebesar 7,6  gram serat. jumlah ini dapat memenuhi kebutuhan serat harian sebesar 30 persen. Serat bermanfaat dalam menjaga saluran cerna, mencegah sembelit, dan membantu menurunkan kolesterol.

4. Kaya Omega-3 dan Omega-6
    Kacang hijau juga diperkaya dengan omega-3 0,9 mg/100 gram dan omega-6 sebesar 119mg/100 gram. Seperti yang diketahui bahwa asam lemak esensial ini berguna untuk menurunkan kolesterol dan juga menjaga kesehatan.

5. Kaya Protein
    Kacang hijau bisa menjadi sumber alternatif protein bagi para penganut vegetarian. Kandungan protein dalam setiap 100 gram kacang hijau sebesar 7 gram protein. Protein dalam kacang hijau memiliki profil asam amino lengkap dan dapat diserap oleh tubuh dengan lebih cepat. Protein berguna dalam membantu pembentukan sel-sel otot, mempercepat pemulihan, meningkatkan daya tahan tubuh, dan membantu Anda kenyang lebih lama.


 

0 komentar:

Posting Komentar

resep donat empuk ala dunkin donut resep kue cubit coklat enak dan sederhana resep donat kentang empuk lembut dan enak resep es krim goreng coklat kriuk mudah dan sederhana resep es krim coklat lembut resep bolu karamel panggang sarang semut